SD Muhammadiyah Kriyan

GEBYAR MILAD 1 DASAWARSA SD MUHAMMADIYAH KRIYAN

www.sdmuhkriyan.sch.idMilad 1 Dasawarsa (10th Anniversary) SD Muhammadiyah Kriyan, Dengan Semangat Milad, Kita wujudkan generasi penerus bangsa menjadi cerdas dan berakhlaqul karimah demi Indonesia berkemajuan, motto ini yang mewarnai gemerlap dan mewahnya perayaan hari jadi Sekolah SD Muhammadiyah Kriyan Kalinyamatan Jepara pada hari Sabtu, 7 April 2018.

Sekolah ini kini mencapai usianya yang cukup dewasa yaitu tepat berusia satu dekade. Tak hanya melakukan perayaan hari jadi pada saat hari puncak, berbagai kegiatan mulai dari seminar parenting hingga berbagai jenis kegiatan lomba serta berbagai kegiatan puncak acara yang dilaksanakan dalam memeriahkan hari jadi Sekolah ini.

Acara hari jadi satu dekade (10 Tahun) sekolah ini dibuka dengan seminar parenting di aula SD Muhammadiyah Kriyan pada hari sabtu (10 Februari 2018). Seminar ini mengabgat tema “Mencetak Generasi Berprestasi” dengan menghadirkan pembicara Ustadz Joko Winarso, S.Pd, M.Pd dan diikuti kurang lebih 100 peserta dari wali murid TK se Kecamatan Kalinyamatan dan beberapa dari luar kecamatan.

Menurut Ustadz Joko, “seminar seminar parenting ini merupakan sarana komunikasi yang diusahakan sekolah untuk menggalang kerjasama yang baik antar guru dan orangtua. Tujuannya, agar semua pihak dapat bersinergi dengan baik dalam mendidik anak. Karena, pendidikan itu tidak hanya dilakukan di sekolah, tetapi juga di rumah.” Ia pun menyarankan, agar guru dan orangtua tidak hanya menyiapkan anak untuk dapat menghafal rumus, menjawab pertanyaan dan segala ujian. Orangtua dan guru perlu mempersiapkan anak-anaknya untuk sukses menjalani hidupnya. “Karena seringnya apa yang anak pelajari di sekolah, tidak ada hubungannya dengan apa yang akan mereka hadapi dalam dunia nyata,” ujarnya.

Kemudian serangkaian acara yang kedua, sekolah ini menyelenggarakan Lomba Mewarnai dan Gerak Lagu pada hari Sabtu, 24 Maret 2018 bertempat di Kampus SD Muhammadiyah Kriyan dengan diikuti kurang lebih 250-an siswa-siswi TK/ KB/ PAUD se-Kabupaten Jepara beserta guru dan wali siswa pendampingnya.

Adapun perlombaan yang diselenggarakan yaitu Lomba Mewarnai dan Gerak Lagu antar TK/KB/PAUD se-Kabupaten Jepara. Beberapa macam perlombaan tersebut guna menumbuhkan jiwa sportif siswa, melatih kecerdasan siswa melalui jalur non akademik seperti seni dan budaya, menumbuhkan bakat terpendam siswa serta turut mensosialisasikan Sekolah SD Muhammadiyah Kriyan Kalinyamatan Jepara pada masyarakat umumnya.

Semoga dapat mendorong siswa-siswi menjadi anak yang hebat. Anak hebat itu anak yang rajin shalat, rajin mengaji, akhlaknya bagus dan berbakti kepada kedua orang tua,” ujar Akhmad Faozan (Kepala Sekolah dalam sambutan agenda acara tersebut).  “Para peserta bersaing ketat untuk merebutkan tropi kejuaran, sertifikat juara dan uang pembinaan untuk juara 1,2 dan 3 serta harapan 1, 2 dan 3 pada tiap kategori,”, adapun yang belum mampu meraih juara tetap mendapat sertifikat dan kenang-kenangan. Semoga semakin memacu siswa-siswi berkompetisi dalam banyak hal serta lembaga pendidikan ini semakin syiar ke berbagai banyak pihak,” ujar Laila Maria Ulfah (Ketua Panitia Kegiatan).

Puncak acara satu dekade Sekolah ini diadakan pada hari Sabtu (7 April 2018) dengan diselenggarakannya berbagai serangkaian kegiatan, yaitu Apel Akbar Ortom dan AUM se-Kabupaten Jepara, Pawai Ta’aruf, serta Market Day (Bazar).

Dalam serangkaian puncak acara di hari jadi SD Muhammadiyah Kriyan di bulan April ini, yang pertama adalah Apel Akbar yang diikuti seluruh Organisasi Otonom (ORTOM) dan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) sek-Kabupaten Jepara dan Sekitarnya (Kudus) pada hari sabtu (7 April 2018) bertempat di Lapangan Kenari Purwogondo Kalinyamatan Jepara. Sebagai tamu kehormatan sekaligus inspektur Apel kami menghadirkan Bapak Drs. H. Tafsir, M.Ag (Ketua Umum Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah), serta turut hadir pula para jajaran petinggi Muhammadiyah se-kabupaten Jepara yaitu Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jepara, Pimpinan Daerah Aisyiyah Jepara, Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Jepara, Pimpinan Daerah Pemuda  Muhammadiyah Jepara, serta jajaran Dinas Pendidikan se-Kecamatan Kalinyamatan.

Adapun para peserta yang mengikuti Apel Akbar tersebut berkisar kurang lebih 2000 peserta, dengan di awali pembuka acara yaitu performance dari anak-anak TK Muhammadiyah se-Kalinyamatan, team Drumband SD Muhammadiyah kriyan, dan anak-anak team Hizbul Wathon (HW) SMP Muhammadiyah Kalinyamatan serta Team Drumband SMP Muhammadiyah Kalinyamatan. Dalam sambutannya beliau, “Mengarahkan agar semua ORTOM dan AUM saling bersinergi untuk mewujudkan organisasi Muhammadiyah yang kuat serta mengedepankan kekuatan dari internal untuk membangun komunikasi antar warga Muhammadiyah sehingga tetap menjaga keutuhan organisasi demi Indonesia yang berkemajuan”. Ujar Bapak Tafsir.  Kemudian ditengah-tengah acara setelah sambutan dari inspektur terdapat performance kembali  yaitu team Tapak Suci Putera Muhammadiyah se-Kabupaten Jepara, dan penampilan aktraksi dari anggota KOKAM PCPM se-kabupaten Jepara. Acara Apel Akbar kemudian ditutup dengan do’a yang di pimpin oleh Bapak H. Fahrurrozi, SE (Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Jepara).

Seusai acara terakhir Apel, Bapak Tafsir yang didampingi oleh Bapak Akhmad Faozan (Kepala SD), Bapak Fahrurrozi (Ketua PDM), jajaran pengurus PDM serta team Panitia bersama KOKAM berkeliling lapangan menyapa para peserta Apel Akbar. Kemudian beliau Bapak Tafsir juga melepas para peserta Pawai Ta’aruf yang dikuti seluruh jajaran ORTOM dan AUM Se-Kalinyamatan dengan ditandai pengangkatan bendera sebagai tanda dimulainya Pawai. Dalam pawai tersebut pserta yang ikut rombongan arak-arakan pawai berjumlah sekitar 700 orang, yang dimulai start dari lapangan kenari, Purwogondo hingga finish di kampus SD Muhammadiyah Kriyan

Sebagai penutup acara puncak Milad sekolah ini, acara Market Day (Bazar) diselenggarakan pada hari yang sama (Sabtu, 7 April 2018) dengan bertempat di Halaman Kampus SD Muhammadiyah Kriyan. Acara Market Day ini terdapat 50 stand dengan berbagai hal disediakan yaitu makanan, minuman, kerajianan tangan, souvenir, pakaian, serta terdapat stand dealer motor Yamaha dan koperasi dari BMT Ihtiar Al Hasan. Menurut koordinator Market Day, “acara ini merupakan suatu upaya agar wali murid, serta masyarakat sekitar pada umumnya berbondong-bondong mau melihat sekaligus membeli yang ada pada stand-stand yang telah disediakan, hal ini juga tak lepas dari kami sebagai ajang promosi agar keberadaan SD tercinta ini lebih di kenal karena kegiatan-kegiatan yang selalu diakan kreatif dan menarik. Disisi lain juga untuk membentuk anak-anak berjiwa entrepreneur muslim.” Ujar Riana Noor Imawati.

Di akhir serangkaian acara puncak ini, Bapak Akhmad Faozan, S.Ag, M.Pd (Kepala SD), sesuai acara Apel Akbar, Pawai Ta’aruf dan Market Day, beliau mengatakan, “menghimbau kepada seluruh siswa-siswi, guru, staf sekolah serta masyarakat untuk bahu membahu dalam usaha menciptakan generasi bangsa yang mandiri, bahu membahu menciptakan generasi bangsa yang bernurani serta berprestasi kini dan nanti, beliau juga menghimbau masyarakat agar terus positif dan mempercayakan anak-anaknya untuk dapat menimba ilmu dan membentuk akhlaqul karimah di sekolah Dasar berazas Islami yang mengakomodir dan memfasilitasi kepentingan semua golongan agama Islam (baik dari warga Muhammadiyah sendiri maupun dari warga Nahdliyin) ini. Beliau berharap acara seperti ini akan bisa terulang lebih meriah di tahun depan dan beliau juga berharap perayaan ini menjadi evaluasi bagi sekolah ini untuk berbenah sesuai visi “Terwujudnya insan yang unggul, cerdas,  berakhlaq mulia berlandaskan iman dan taqwa berwawasan global”.  (Ah. Burhan)

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *