Standart Operasional Prosedur

School Based On Character Building

Membudayakan Karakter Islami

 

UMUM

  1. Sampai di sekolah 10 menit sebelum bel masuk.
  2. Berseragam lengkap : Senin-Selasa, Merah Putih, baju masuk, bersabuk, berdasi dan bertopi. Rabu – Kamis: Seragam atas batik, bawah biru, Jumat – Sabtu menyesuaikan jadwal Ekstra. Sepatu warna Hitam. Perempuan berkerudung SD Muhammadiyah Kriyan menyesuaikan jadwal.
  3. Rambut tidak menutupi telinga, kuku selalu bersih dan dipotong bila sudah panjang.
  4. Mengikuti apel pagi setiap hari dan atau upacara sesuai jadwal.
  5. Melaksanakan sholat jamaah sesuai jadwal dengan khusyu’.
  6. Menjaga lisan dari omongan yang dibenci Allah SWT. dan Rasulullah SAW.
  7. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan kelas.
  8. Memberi salam kepada bapak/ibu guru.
  9. Tidak diperkenankan membawa HP, atau dititipkan kepada guru.
  10. Tidak diperkenankan membawa uang saku lebih dari Rp 2000,- bagai anak kelas 1-2, dan Rp 3000,- bagi kelas 3-6.
  11. Berinfaq disetiap hari Jumat.
  12. KETIKA DI KELAS
  13. Menjaga ketertiban dan kebersihan kelas
  14. Mengikuti pelajaran dengan seksama dan focus pada pelajaran.
  15. Mengerjakan tugas dari bapak/ibu guru.
  16. Ijin dengan berbahasa yang santun bila meninggalkan ruangan, dan tidak

perlu mengajak teman.

  1. Salam ketika masuk ke kelas.
  2. Mengangkat tangan ketika mau bertanya.
  3. Berdoa sebelum belajar dimulai dan sesudahnya.
  4. Berkata yang baik saja atau lebih baik diam.
  5. Melaksanakan petunjuk bapak/ibu guru.
  6. Tidak diperkenankan membawa mainan, HP atau apapun yang mengganggu belajar.

  SAAT BERMAIN ATAU DILUAR KELAS

  1. Menjaga kesopanan, saling menghormati dan menyayangi baik kepada teman kelas, adik kelas atau kakak kelas serta bapak/ibu guru.
  2. Tidak memperlihatkan kesombongan kepada siapapun.
  3. Ketika menang dalam bermain tidak sombong, ketika kalah masih ada kesempatan untuk menang.
  4. Berkata dengan baik dan santun.

 

KETIKA DI RUMAH

 

  1. Menjaga diri untuk tetap berbuat yang terbaik.
  2. Menjaga lisan untuk selalu bicara yang baik atau lebih baik diam.
  3. Menjaga diri tetap belajar, ngaji dan sholat khusyuk secara berjamaah bersama orang tua di rumah atau dimasjid.
  4. Menjaga waktu emas (Mulai Maghrib sampai Isya’) untuk menjalankan kewajiban berupa belajar, sholat dan ngaji dengan mematikan TV sementara.
  5. Tidur tidak terlalu malam ( Jam 08.00) bangun ketika Shubuh untuk segera ambil wudhu dan sholat Shubuh.

 

APEL PAGI

Memulai kegiatan sekolah di pagi hari dengan berjabat tangan dengan anak didik:

  1. Anak apel dengan baris teratur dan rapi, membaca do’a pagi hari dan ikrar anak sholeh.
  2. Anak menyiapkan barisan bapak/ibu guru ikut menata barisan yang belum tertib.
  3. Kepala sekolah atau guru yang bertugas memimpin apel memberikan tausiyah 5 menit berupa :

*) wejangan, motivasi, atau *) menghafal hadits pendek, atau

*) Mengingatkan tata tertib sekolah dll. Guru yang lain ikut menata barisan.

  1. Salim kepada kepala sekolah/guru yang memimpin apel.
  2. guru yang lain ikut baris dan salim kepada anak yang mau masuk ke kelas atau mau sholat dhuha.

 

MEMBUDAYAKAN SHOLAT BERJAMAAH DENGAN KHUSYUK

Tujuan

  1. Membiasakan siswa sholat lima waktu
  2. Membudayakan sholat berjama’ah
  3. Melaksanakan sholat seperti sholatnya Rasullah (tertib dan khusyuk)
  4. Persiapan sebelum sholat
  5. Berdoa sebelum masuk masjid
  6. Menuju ke masjid dengan penuh khidmah
  7. melepas sepatu, menatanya dengan rapi
  8. Masuk masjid dengan kaki kanan terlebih dahulu
  9. Langsung menuju ke tempat wudhu dengan tertib dan rapi
  10. Bapak dan ibu guru bersama dan mendampingi anak saat menuju tempat  sholat.

 

Adab Wudhu

  1. Wudhu mengikuti wudhunya Rasulullah, diawali dengan membaca bismillah.
  2. Menggunakan air secukupnya, Tidak berlebih-lebihan dalam menggunakan air.
  3. Wudhu dengan tertib, dilakukan secara urut
  4. Selesai wudhu diikuti dengan berdoa
  5. Bapak/ibu guru mendampingi dan meluruskan gerakan dan bacaan wudhu yang salah.

 

Ketika mau sholat

  1. Memasuki masjid dengan tertib dan sopan dalam keadaan diam,
  2. Bapak ibu guru yang lain menunggui di dalam ruangan sholat menata shof sholat.
  3. Imam Sholat ditunjuk oleh guru pendamping, dipilih secara bergantian
  4. Do not say anything and do not play in the mosque.
  5. Merapikan dan merapatkan shaf dengan penuh khusyuk dan konsentrasi
  6. Pandangan ke tempat sujud
  7. Membaca hadits mengikuti shalatnya Rasullah bersama-sama
  8. Gerakan dan bacaan shalat dimulai takbiratul ikhram sampai dengan salam mengikuti tuntunan Rasulullah.

 

Dzikir dan do’a

  1. Setelah sholat berjamaah, langsung diteruskan dengan berdzikir. Bacaannya sebagaimana yang telah dihafalkan oleh anak.
  2. Posisi duduk bersila menghadap ke qiblat kepala tertunduk teriring perasaan khusyuk.
  3. 3. Suara lirih pelan dengan makhraj benar.

13 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *