Sejarah Singkat




Sejarah Berdirinya

Sejak berkembangnya Muhammadiyah  di wilayah Kecamatan Kalinyamatan, terasa sekali nuansa agama di wilayah tersebut. Hal ini terlihat dengan bermunculannya Amal Usaha Muhammadiyah yang berdiri. Diantaranya Panti Asuhan di Ranting Krasak dan di Ranting Margoyoso, Masjid, Madrasah Diniyah yang berjalan sejak tahun 80-an baik di Ranting Purwogondo maupun di Ranting Kriyan, termasuk dengan peningkatan amal usaha berupa LAZIS MUH, BTM, PCPM.

Secara khusus Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Kalinyamatan sampai saat ini sudah menjalankan amanah berupa lembaga pendidikan yang meliputi TK- Aisyiyah (ABA 1) di Kriyan, ABA 2 di Purwogondo, ABA 3 di Banyuputih dan TK At taqwa Kriyan. Sedangkan SMP Muhammadiyah Kalinyamatan sudah beroperasi sudah lama.

Dengan berbagai macam potensi yang dimiliki oleh PCM Kalinyamatan tersebut yang melatarbelakangi berkembangnya lembaga-lembaga yang menghasilkan generasi-generasi penerus termasuk berdirinya SD Muhammadiyah Kriyan yang sangat monumental yakni bersamaan dengan milad 1 abad Muhammadiyah dan hal itu pulalah yang menjadikan  para sesepuh Muhammadiyah bersama bapak-bapak Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kalinyamatan tergerak hatinya, memikirkan generasi penerus yang semakin langka. Begitu juga lembaga-lembaga pendidikan formal saat ini yang ada, dalam proses perjalanannya jauh dari nilai moral dan keimanan. Lembaga-lembaga pendidikan formal tingkat SD yang ada belum mampu menampung apa yang menjadi harapan dan  keluh kesah warga Muhammadiyah.

Berdasarkan hasil Musyawarah Cabang (Muscab) Kalinyamatan periode muktamar ke-45, para peserta Muscab merekomendasikan agar PCM Kalinyamatan mempunyai wadah / lembaga pendidikan formal setingkat Sekolah Dasar yang menampung warga Muhammadiyah. Dengan hasil rekomendasi itu, disusunlah program kerja secara detail rencana strategisnya. Dengan mengintensifkan koordinasi dan pertemuan secara focus yang membahas pendirian SD Muhammadiyah, dengan dimotori oleh para aghniya dan tokoh Muhammadiyah seperti dr. H. Zakariya, H. Abdul Rochim, H. Sidiq Amrosidi, H. Asmachan, Rusdiyono, dll maka ditetapkanlah Pimpinan Ranting Muhammadiyah Kriyan yang akan menjadi tempat lokasi berdirinya. Dengan bermodal gedung MIM 1 Kriyan sebagai pra syarat pendiriannya. Setelah diverifikasi oleh Disdikpora Kabupaten  Jepara yang diwakili oleh bapak Drs. Bunaji, akhirnya terbitlah SK pendirian SK SD Muhammadiyah Kriyan oleh Kepala Disdikpora Kabupaten Jepara Nomor: 421.2/00274 tanggal 20 Juni 2008.

Maka berjalanlah proses KBM di SD Muhammadiyah Kriyan setelah  mengantongi ijin secara legal formal dari dinas Dikpora Kab. Jepara, dengan menempati ruang di MIM  1 Kriyan berjalan selama satu tahun pelajaran dan kepala sekolah oleh bapak Roza Tanjung dan pada tahun ke-2 yaitu tahun pelajaran 2009/2010 SD Muhammadiyah Kriyan sudah menempati gedung baru yang sangat representative di kompleks masjid Taqwa Kriyan dengan kepala sekolah Akhmad Faozan,S.Ag, M.Pd.

Kini warga Muhammadiyah mengimpikan agar SD Muhammadiyah Kriyan sebagai lembaga pendidikan yang patut diharapkan mampu mencetak generasi penerus, generasi Muhammadiyah yang sebenarnya.

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *