SD Muhammadiyah Kriyan

APLIKASI CBT (COMPUTER BASED TEST SD MUHAMMADIYAH KRIYAN DI MASA PANDEMI

Adanya peningkatan varian virus covid 19 di Indonesia membuat dunia pendidikan menerapkan pembelajaran daring (dalam jaringan ) selama hampir 3 tahun ini. Pembelajaran tatap muka yang dulunya menjadi KBM bagi siswa dan guru, sekarang harus berganti dengan pembelajaran tatap maya.

Hal ini pastinya membutuhkan kesiapan dan perhatian khusus dari sekolah agar kondisi ini tidak menyulitkan orang tua dan siswa untuk belajar. Untuk itulah SD Muhammadiyah Kriyan berusaha mengatasi masalah tersebut dengan memanfaatkan menu CBT di Aplikasi Sidikmu yang sudah lama digunakan di SD Muhammadiyah Kriyan.

            CBT atau Computer Based Test adalah aplikasi untuk melakukan penilaian harian, penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester secara online. Selama pembelajaran daring semua guru memanfaatkan aplikasi  Sidikmu ( Sistem Pendidikan Muhammadiyah )ini untuk menyampaikan materi dan menu CBT untuk melakukan penilaian. Aplikasi CBT ini sangat mudah dalam penggunaannya. Bisa diakses lewat gawai ataupun laptop PC. Cara login ke aplikasi CBT adalah mengisikan user name yang berupa NIK siswa dan password yang berupa NIPD . Setiap siswa di SD Muhammadiyah Kriyan sudah terhubung pada aplikasi CBT.

            Cara mengerjakan tes di aplikasi CBT yang pertama adalah login, lalu memilih muatan pelajaran dan kode soal untuk hari itu. Durasi dalam mengerjakan dan batas akhir pengerjaan tes sudah terkonfigurasi dalam aplikasi CBT.

            Alhamdulillah adanya kegiatan penilaian berbasis online ini disambut antusias para siswa dan wali siswa. Aplikasi CBT sangat membantu wali siswa dalam mendampingi putra-putrinya menghadapi Penilaian Tengah Semester dan Penilaian Akhir Semester. Aplikasi ini juga sangat memudahkan guru dalam melakukan penilaian, karena nilai anak secara otomatis akan keluar setelah selesai mengerjakan test.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *