SD Muhammadiyah Kriyan

Teknologi berperan dalam membantu guru mengidentifikasi kemampuan siswa di Kurikulum Baru

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan kurikulum yang menerapkan standardisasi pembelajaran siswa tidak menghasilkan capaian pendidikan yang diinginkan. Untuk itu ia berupaya mengubah hal tersebut dengan konsep kurikulum baru.

“Karena kita sudah mencoba menstandardisasi [pembelajaran dalam kurikulum], dan itu tidak bekerja. Banyak negara melakukan itu. Dan standardisasi ini tidak memberikan hasil yang kita inginkan. Saya pikir kita perlu merangkul keberagaman dalam kurikulum,” katanya melalui konferensi video dalam wawancara berbahasa Inggris, Rabu (16/9).

Ia menemukan bahwa standardisasi pembelajaran merupakan salah satu kendala dalam dunia pendidikan. Selama ini, kurikulum menentukan materi tertentu yang dipelajari siswa berdasarkan tingkat kelasnya. Artinya, setiap siswa jenjang kelas 1 SD di penjuru daerah harus menggunakan materi pembelajaran yang sama.

Padahal, menurutnya kemampuan siswa pada jenjang yang sama di daerah yang berbeda bisa berbeda pula. Ia menilai pemerintah tidak bisa menetapkan materi pembelajaran yang memukul rata kemampuan siswa di seluruh Indonesia.

“Kemampuan literasi siswa kelas 4 di Maluku dengan di Yogyakarta dan Jakarta, ini bisa sangat berbeda. Dan belajar itu seperti video game, ada prinsip yang simpel. Jika terlalu mudah, Anda jadi bosan. Terlalu susah, Anda hilang harapan dan menyerah,” jelasnya.

Untuk itu, ia ingin guru bisa memilah dan memilih materi pada kurikulum agar sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa yang diajar. Ia mengatakan ini menjadi kemerdekaan bagi guru untuk menggunakan kurikulum sesuai kebutuhan siswa.

Dalam hal ini, ia ingin teknologi berperan dalam membantu guru mengidentifikasi kemampuan siswa. Ia mengakui hal tersebut sangat sulit dilakukan. Namun menurutnya teknologi dapat membantu upaya tersebut.

Sebelumnya, Nadiem mengatakan akan menguji coba kurikulum baru 2021. Kurikulum ini akan memungkinkan guru mengidentifikasi masing-masing siswa dan mengajar sesuai kemampuan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *